Peran BBPI dalam Kasus Silver Sea 2

Peran BBPI dalam Kasus Silver Sea 2

Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Susi Pudjiastuti, memberikan Penghargaan kepada lima pegawai BBPI Semarang, atas jasa dan kontribusinya sebagai Tim Ahli, dalam Penanganan Kasus MV Silver Sea 2. Lima pegawai yang telah berkontribusi dalam memharumkan nama BBPI Semarang tersebut  diantaranya Djoko Saptojo, Agus Suryadi, Suhariyanto, Sigit Priyo Prabowo dan Marwan Awaludin.

IMG-20180116-WA0011 IMG-20180116-WA0010

Mengingat Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Satuan Tugas Ilegal (Satgas 115) baru saja memenangkan tuntutan atas kapal pengangkut ikan asal Thailand Silver Sea 2, yang ditangkap oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) di perairan Sabang, Aceh pada 12 Agustus 2015 lalu.

Dalam berjalannya proses tuntutan, BBPI Semarang memiliki peran penting diantaranya sebagai tim identifikasi jenis kapal dan API yang ada di atas kapal tersebut, yang akhirnya di menangkan oleh Pemerintah Indonesia yang dikukuhkan melalui putusan Pengadilan Negeri Sabang Nomor 21/pidsus/2017PNSAB pada Kamis (19/10), yang menyatakan bahwa kapal sebesar 2.285 GT dengan muatan 1.930 MT ikan hasil tangkapan senilai Rp. 20 miliar tersebut disita untuk Negara.

Sebagai Unit Pelaksana Tugas dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam pemberantasan ilegal fishing di Indonesia, nama-nama yang telah mendapat penghargaan tersebut tidak hanya mengharumkan nama BBPI Semarang, namun juga telah mengharumkan nama Bangsa Indonesia.

Prev Grafik Realisasi Anggaran dan Target Fisik November 2017
Next Rapat Konsensus SNI Sarana Perikanan Tangkap

About Author

inung

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Comment