Rekayasa

Rekayasa

Inovasi dapat diartikan beragam dan bagaimana dengan penemuan. Beberapa ada yang mengartikan inovasi dan penemuan itu sama (innovation= invention) dan beberapa mempunyai pandangan kedua hal tersebut tidak sama, hal yang membuatnya berbeda adalah unsur ruang lingkup. Kemudian antara inovasi dan teknologi?  Pakar sendiri terpecah dalam mengartikan hal ini, ada yang membahas inovasi teknologi dan manajemen teknologi sebagai pokok bahasan yang sama, ada juga yang dibahas secara terpisah.

Inovasi dan Penemuan (Innovation & Invention)

Secara jelasnya mungkin dapat digambarkan sebagai berikut, penemuan memiliki ciri-ciri yang “grand” dan radikal dalam skala yang luas, yang tidak terpikirkan sebelumnya, secara signifikan akan mempengaruhi kehidupan manusia. Sementara inovasi memiliki ruang lingkup yang lebih sempit. Ambil contoh, Anda mengenalkan sebuah komputer di suatu desa yang baru saja dialiri listrik, maka terjadi inovasi pada desa tersebut. Padahal, di Jakarta mungkin komputer tersebut mungkin sudah dianggap kuno.

Inovasi berupa kombinasi dari yang ada untuk menghasilkan yang baru, sehingga ada pepatah mengatakan: saat ini sudah hampir tidak ada lagi yang menciptakan hal baru, yang ada adalah mengkombinasikan untuk mendapatkan hal baru.

Disarikan dari beberapa sumber